Rabu, 13 Maret 2013

Etika Kehidupan Sosial di Indonesia

Dalam kehidupan sosial suatu masyarakat dimana pun pasti terdapat etika-etika tak tertulis tentang bagaimana cara-cara yang dianggap baik, sopan, dan wajar yang harus dilakukan tiap-tiap individu. Namun tentu saja aturan-aturan etika tersebut bisa saja berbeda-beda di tiap-tiap daerah tergantung kultur budaya serta perkembangan daerah-daerah yang bersangkutan. Sangat disayangkan karena biasanya makin maju, modern, dan kaya suatu daerah atau negara maka etika-etika sosial yang berlaku makin luntur dan sudah tidak diindahkan oleh masyarakatnya yang semakin individualis dan terlalu fokus pada kepetingan pribadi.
Disini saya akan menjelaskan beberapa etika-etika umum yang berlaku pada masyarakat Indonesia walaupun tidak bisa dikatakan semua etika-etika tersebut sama ditiap-tiap daerah atau provinsi-provinsi di Indonesia.

Dibawah ini merupakan beberapa contoh etika-etika lainnya yang berlaku dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada umumnya:
1.  Mencium tangan orang tua saat ingin berpergiaan. Masih banyak dilakukan namun mulai berkurang dikarenakan kesibukan masing-masing anggota karena bisa saja saat seorang anak ingin pergi sekolah misalnya orangtuanya belum bangun tidur dikarenakan pulang kerja yang terlalu larut sehingga sedikit banyak hal ini mengurangi keterikatan antar anggota keluarga.
2.  Mengucapkan salam saat berpergiaan. Masih banyak dilakukan, misalnya umat muslim dengan mengucap assalamualaikum.
3.  Mengetuk pintu atau mencet bell rumah saat bertamu. Hal ini merupakan salah satu contoh kesopanan bertamu sehingga pemilik rumah merasa dihargai.
4. Mengucapkan permisi kepada yang tua dan yang muda saat melewati jalan. Etika ini masih berlaku walaupun sudah mulai berkurang karena pemuda zama sekarang lebih sibuk bermain dengan gadget-nya dibanding memperhatikan bahwa orang lebih tua yang ia lewati saat melewati jalan.
5.  Membuang sampah pada tempatnya. Etika yang satu ini berguna demi kebersihan dan kenyamanan bersama, bahkan di beberapa tempat umum ada sanksi bila melanggar.
6.  Berpakaian sopan saat menghadiri acara. Pada umat muslim di Indonesia misalnya makin banyak wanita yang memakai jilbab demi sopan santun saat berinteraksi dengan lawan jenis. Namun secara umum, wanita biasanya menghindari berpakaian yang memamerkan dada, rok yang terlalu pendek, dan pakaian yang terlalu ketat.
7.  Menegur atau menyapa orang saat berpapasan. Seperti poin ke 4, menegur orang yang anda kenal walaupun orang tersebut lebih muda adalah etika yang baik dalam menjaga silahturahim.
8.  Mendengarkan orang saat berbicara. Tentunya sangat tidak menyenangkan saat anda berbicara namun orang yang anda ajak berbicara tampak mengacuhkan anda dan tidak memperhatikan. Hal ini bisa diterapkan misalnya di dalam kelas saat guru atau dosen menjelaskan materi maka sebaiknya para siswa memperhatikan dosen dan tidak sibuk sendiri berbicara dengan teman atau bermain gadget.
9.  Tidak memotong pembicaraan orang saat sedang berbicara. Sebelum mengajukan ketidaksetujuan pada pendapat orang lain, sebaiknya mendengarkan pembicaraannya sampai selesai terlebih dahulu.
10. Mengucapkan terima kasih bila diberi sesuatu.
11. Bertamu pada waktu yang tepat yaitu tidak larut malam.
12. Menelpon pada waktu yang tepat yaitu tidak mengganggu aktivitas orang.
13. Menerima pemberian orang dengan tangan kanan.
14. Tidak sembarangan meludah.
15. Bila menguap mulut ditutup.
16. Makan dengan menggunakan tangan kanan.
17. Makan tidak boleh berciplak.
18. Menawarkan makan pada orang sekitar pada saat sedang makan.
19. Wajib melapor 2×24 jam jika ingin menginap dirumah orang.
20. Mempersilakan duduk jika melihat wanita hamil, lanjut usia, balita, dan cacat fisik di dalam angkutan umum.
21. Budayakan antri dimanapun berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar