Selasa, 05 November 2013

Pahami Stress


Pernahkah anda merasa tertekan dan sulit untuk berkonsentrasi serta terus menerus merasa terbebani oleh hal-hal yang terus mengganggu anda, bahkan ketika anda mencoba beristirahat? Bila pernah, mungkin anda sudah terserang stress.

Sebenarnya apa sih stress itu? Apakah benar stress adalah kondisi psikologis semata?
Stress sebenarnya adalah sebuah mekanisme natural yang dimiliki oleh tubuh anda ketika terjadi konflik. Ketika stress terjadi, terjadi reaksi kimia dalam tubuh anda yang memaksa anda untuk menghadapi konflik tersebut atau lari. Dalam istilah psikologis, reaksi ini seringkali dinamakan dengan ‘fight-or-flight’ atau ‘hadapi atau lari. Reaksi ‘fight-or-flight’ adalah reaksi yang sangat umum terjadi untuk merespon terjadinya konflik dalam keseharian anda.

Ketika respon untuk stress ini terjadi dalam tubuh anda, anda akan merasakan adanya keinginan untuk melindungi diri anda sendiri. Beberapa tanda bahwa tubuh anda tengah dalam mode ‘fight-or-flight’ ketika terjadi konflik di sekitar anda adalah detak jantung cepat, nafas pendek-pendek, otot tegang dan tekanan darah naik. Stress adalah bagian dari insting natural anda yang membantu anda menghadapi tekanan.

Menurut webmd.com, tubuh anda memiliki mekanisme pertahanan diri atas konflik melalui stress. Bila anda berpikir bahwa stress adalah semata-mata rasa tertekan yang terpendam dan bisa meledak sewaktu-waktu. Stress ternyata berjasa untuk membantu tubuh anda melepaskan diri dari konflik lho. Hmm, ternyata stress tidak seburuk yang biasa kita dengar ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar